Sabtu, 16 Juli 2011

Batang 9 cm yang Berbahaya

Apa itu batang 9 cm? Batang 9 cm yang saya masksud yaitu sebatang rokok yang sangat beracun dan berbahaya. Sebelumnya saya sempat bercerita tentang merokok itu ngak sopan, kali ini izinkan saya sedikit mencurahkan apa yang saya tahu mengenai sebatang rokok yang berbahaya.

Saya sengaja memberikan judul batang 9 cm yang berbahaya biar terkesan sedikit mendramatisir hehe,,, dan memang rokok itu sangat berbahaya loh bagi kesehatan kita. Apa saja yang terkandung dari sebatang rokok yang panjangnya hanya 9 cm ini?

Sebagian besar orang pasti sudah tahu, rokok memang sangat berbahaya bagi kesehatan, baik bagi diri si perokok maupun bagi orang lain disekitarnya. Didalam sebatang rokok terdapat zat nikotin yang merupakan zat utama yang ada pada rokok, dan juga ada 700 jenis bahan kimia tambahan untuk menambah kenikmatan merokok, biasanya bahan tambahan terdapat pada rokok berjenis tertentu yang rasanya adem atau mentol.

Selain itu, asap yang di hirup oleh orang lain yang bukan perokok juga tak kalah bahayanya. Asap rokok mengandung 4000 zat kimia, termasuk aseton, arsenik, butan, sianida, dan karbon monoksida. yang dapat menyebabakan orang lain terkena penyakit kanker, jantung, paru-paru, dan yang paling kecil adalah mengganggu pernapasan.

Maka dari itu, tidak asing orang yang bukan perokok tapi mendapatkan penyakit jantung dan paru-paru. Jadi begitu bahanya sebatang rokok ini yang bila di hisap terus menerus, selain merugikan diri sendiri juga dapat merugikan orang lain. Menurut statistik di seluruh dunia, jumlah perokok yang meninggal atau terkapar (parah nih, hehe), hampir tiga kali jumlah orang yang meninggal karena alkohol dan narkoba, dan enam kali lipat jika dibandingkan dengan kecelakaan mobil.

Nah, bahaya sekali kan? Dibandingkan dengan kecelakaan mobil, yang sering kita tonton di televisi, hampir tiap hari pasti ada kecelakaan. Tapi masih enam kali lipat korban perokok yang mungkin kurang tersekspos media, karena alasan meninggal di sebabkan penyakit jantung, paru-paru, pernapasan dan banyak lagi, yang sesungguhnya karena rokok dan menghirup asapnya bagi orang lain.

Dan setelah mengetahui ini semua atau mungkin Anda memang sudah tahu dari pada saya. Apakah Anda mau berhenti merokok? Atau mengabaikanya? Tapi coba pertimbangkan lagi, baik bagi diri Anda mapun bagi kesehatan orang lain. Dan saya sebagai penulis hanya bisa mendoakan agar Anda berhenti merokok demi kesehatan kita semua dan khususnya demi terwujudnya keluarga Indonesia yang sehat dan kuat.

8 komentar:

Zippy mengatakan...

Paling gak bisa nyium asap rokok, langsung sesak rasanya.
Jadi ya syukur deh gak merokok :D
Lagian ngabis-ngabisin duit aja buat beli rokok dan berobat :))

Aeldie mengatakan...

@ zippi,, sama sob, sya juga gak bakal kuat hisap asap rokok pasti tersa pusing, apa lagi kalau naik kreta api ekonomi,(maklum duit cekak, hehe) makin tambah pusing aja deh,, hehe,, oh ya thank loh sob dah mampir di sini..

honeylizious mengatakan...

duh untung saya alergi sm rokok

anisayu mengatakan...

lebih berbahaya yg tercium asap rokok dr yg merokok hik, jd harus hati2 lebih baik jangan merokok lebih aman hehhe

artikel yg sip

TituitBom mengatakan...

emang apa sih untungnya ngisep rokok, haha

Aeldie mengatakan...

@honeylizious: saya walaupun cowok tpi tidak merokok leh,,hehe. thank komnya sobat blogger.

@anisayu: betul sekali mbak aman jika tidak merokok,, thank loh mabk sudi dah sudi mampir

@TituitBom: ada sob untungnya, orang yagn merokok tu kan selalu bawa korek api kemana-mana, ntar kalau ada yang minjam selalu tersedia, jadi tak mengecewakan deh,,hehe

Belajar Bhasa Inggris mengatakan...

ada yang bilang rokok itu haram, ada pula yang bilang makruh. yang penting rokok itu lebih banyak mudharatnya dari pada manfaatnya.

Aeldie mengatakan...

@Belajar Bahasa Ingris: betul sekli sobat, lebih baik rokok kita hindari, karena banyak merugikan..

Posting Komentar