Selasa, 19 Juli 2011

Bahasa Indonesia Semakin Mendunia

Bahasa kita Indonesia lambat laun mulai menunjukkan taringnya sob di kancah dunia, Bahasa Indonesia dipandang bahasa yang pantas dipelajari dan termasuk bahasa yang sulit ke 3 di Asia dan ke 15 di dunia loh. Di antara kita juga pasti sering menemukan kesulitan dalam mempelajari bahasa Indonesia, walaupun kita orang Indonesia, hehe.

Sebelumnya bahasa Indonesia sudah dipelajari di 45 negara seperti Australia, Kanada, Amerika, Dakar Arab Saudi dan Vietnam. dan banyak lagi yang lainnya. Bahkan bahasa kita ini menjadi bahasa ke dua di Vietnam -kompas. Dan sekarangpun ada satu negara besar yang berminat untuk memasukkan mata pelajaran bahasa Indonesia ke kurikulum pendidikannya yaitu negara China.

Menteri pendidikan nasional, Muhammad Nuh, baru-baru ini 20/7/2011 menandatangani nota kerjasama bilateral dengan Menteri penddidikan China terkait perguruan tinggi bidang bahasa.  Bahasa Indonesia sebentar lagi akan masuk kurikulum pendidikan negeri tirai bambu China -republika. Ini berarti bahasa kita lambat laun mulai di pelajari banyak negara, dan menjadi 46 negara.

Dengan semakin banyaknya negara asing yang berminat pada bahasa kita Indonesia, maka  kewajiban kita lah untuk menjaga bahasa indonesia dengan berbicara yang baik dan benar sesuai kaidah bahasa Indonesia yang baik dan benar pula. Dengan berbicara bahasa Indonesia yang baik dan benar, berarti kita menghargai warga asing yang berminat pada bahasa kita, mereka tidak akan kecewa jika nanti berkunjung ke Indonesia karena mendapati bahasa yang mereka pelajari sesuai dengan yang di ajari di sekolah mereka, bukan bahasa gaulnya.

Jika kita sendiri sebagai bangsa Indonesia terus menjaga bahasa kita sesuai dengan kaidah yang berlaku di kamus besar bahasa Indonesia, atau menggunakan bahasa yang baik sesuai ejaan yang berlaku maka ada kemungkinan bahasa kita Indonesia akan menjadi lebih atau semakin di kenal dan di gunakan di ASEAN, Asia, dan bahkan di dunia Internasional.

Kita anak bangsa Indonesia tentu berharap bahasa kita juga dapat menjadi bahasa Internasional yang di pelajari banyak negara, tentu akan menjadi kebanggaan tersendiri bagi kita jika bahasa kita mampu bersaing dengan bahasa Inggris, Arab, Cina, Jepang dan Perancis. Semoga saja hal ini dapat terwujud. Amin.

0 komentar:

Posting Komentar