Sabtu, 27 Agustus 2011

Asyik, Lebaran Sebentar Lagi Tiba

Lebaran di negeri kita ini identik dengan ketupat sayur, padahal ketupat sayur bisa kita peroleh kapanpun tidak mesti menunggu lebaran. Ada kawan saya bilang "Asyik, bentar lagi lebaran, makan ketupat sayur euy", padahal dia kan sering makan ketupat walau bukan lebaran hehe.

Lebaran memang membawa kemenangan dan kebahagiaan, sesuatu hal yang sudah sering kita makanpun akan terasa berbeda jika di hari lebaran, tanpa hadirnya ketupat gimanaa gituh, kurang afdol rasanya di pagi hari lebaran kita. Ya tradisi ketupat memang asyik di hari lebaran, apa lagi di tambah dengan cemilan-cemilan kecil di hari lebaran sambil berkumpul keluarga, terasa sempurna rasanya hari lebaran kita.

Hari berma'af-ma'afan ini memang sesuatu hal yang di nanti oleh umat muslim dunia dengan berbagai tradisi masing-masing, setelah sebulan penuh berpuasa maka di puaskanlah makan-makan di hari lebaran. Hal ini akan terasa bagi orang yang ful berpuasa sebulan penuh dan akan berbeda bagi orang yang tidak berpuasa, karena dia tidak merasakan kemenangan menahan hawa nafsu sebulan penuh.

Dan lebaran adalah awal kembalinya umat manusia lebih suci lagi, karena kita akan kembali mengumpulkan nilai ibadah kita untuk berjumpa dihari nan suci selanjutnya. Setiap tahun kita umat manusia akan mengumpulkan amal ibadah kita dan akan di berikan kesempatan oleh Allah swt yang maha penyayang untuk beribadah sepuasnya di hari ramadhan yang mempunyai nilai lebih dalam beribadah. Maka tidak salah jika ada orang yang rindu dengan ramadhan dan sedih ketika berpisah dengan bulan ramadhan, karena bulan penuh dengan kesempatan tobat telah berlalu, dan Allah swt memberikan hari kemenangan bagi ummatnya di hari raya nan suci. 

Selamat datang lebaran, asyik berjumpa lagi denganmu dan juga ketupat mu, dan ucapanku untuk sahabat yang menyambut hari kemenangan ini dengan penuh suka cita: 

Hati bergetar kala mendengar kumandang takbir Akbar Mengingatkan datangnya Hari Kemenangan Minal Aidin Wal Faizin, mohon maaf lahir dan batin


3 komentar:

Sharing SEO mengatakan...

Mohon maaf lahir n bathin y sobat .....
Smoga amal ibadah kita di bulan puasa di terima oleh Allah SWT ... Aminn ....

Aeldie mengatakan...

@-Sharing Seo: sama-sama sobat, ya smoga amal ibadah kita di terima oleh allah swt,, thank sob atas doanya...

BlogS of Hariyanto mengatakan...

selamat hari raya idul fitri :) mohon maaf lahir batin

Posting Komentar