Minggu, 11 September 2011

Memotivasi Sahabat Ala Kadarnya

Dalam pergaulan kadang ada kalanya kita temui sahabat yang sedang murung atau kurang bersemangat, melihat hal ini hendaknya kita berusaha memberikan motivasi ala kadarnya pada sahabat yang tentu membutuhkan dari teman-temannya. Nah lalu apa yang harus di lakukan, padahal sobat sendiri juga belum punya kemampuan untuk memberikan motivasi pada orang lain yang membutuhkan.

Berikut ini sedikit cara memberikan motivasi ala kadarnya dari saya yang mudah-mudahan dapat membantu yach.

-Berikan saran dan arahan apa saja
Sahabat kita yang sedang murung tentu membutuhkan saran dan arahan, tidak perlu orang mahir seperti Mario Teguh untuk memberikan saran, sobat pun bisa memberikan saran dan arahan ala kadarnya, ajak sahabat sobat yang sedang murung tersebut untuk jalan-jalan atau hanya sekedar cari angin, atau hanya sekedar cuci mata ke Mal, kemudian berikan arahan-arahan yang kira-kira menguntungkannya atau membahagiakannya.

-Berikan pujian-pujian
Pujian akan menjadikan kepercayaan diri semakin meningkat, sobat perlu memberikan pujian tentu dengan ala kadarnya dan juga tak  perlu berlebihan, misalkan jika sobat adalah satu tim basket atau futsal, berikan kata pujian "Bro kalau ngak ada lw ntar tim kita kalah nih, ayo dong semangat". Dan dengan memberikan pujian ini, dia akan merasa bahwa dia adalah andalan di tim, padahal ngak hehe. Tapi setidaknya sobat sudah menciptakan kepercayaan dirinya kembali.

-Berikan dukungan-dukungan
Memberikan dukungan dan pujian memang sedikit sama, tapi dukungan lebih bersifat keinginan dia(sahabat yang murung)  untuk melakukan sesuatu sesuai keinginannya. Nah, disini sobat coba bertindak sebagai orang yang berada di belakang layar yang mendukung penuh keiginannya untuk di capai, selama keinginannya tersebut masih bersifat baik.

-Memberikan bukti-bukti
Nah, untuk yang satu ini nampaknya sangat perlu sob, biasanya orang yang sudah ada bukti akan mudah di percaya, yah tapi tidak perlu bukti yang terlalu berlebihan, cukup apa yang sudah sobat capai saat ini atau ala kadarnya ajalah. Misalkan sobat berhasil mendapatkan pasangan idaman atau berhasil menjadi tim inti sekolah atau pegurunan tinggi, sobat berikan saja bukti-bukti tersebut sesuai penglaman sobat dalam menjalaninya, namannya juga ala kadarnya lah,hehe.

Hanya ala kadarnya, semoga membantu ya sob.. silah berikan saran dan kritikannya sob...

4 komentar:

Siswanto mengatakan...

Thanks Di... hidup persahabatan

halobro mengatakan...

makasih tipnya bro. nnti sy praktekkin. he..he..

Aeldie mengatakan...

@Siswanto: sama-sama sobat, hidup persahabatan..

@Halobro: sama-sama sobat, mari kita praktekan bersama,,hehe

Imam Simpel mengatakan...

sip deh artikelnya, lumayan buat di praktekin , ,,

Posting Komentar